9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air (Speaker atau Layar Mati)

Berita-Rakyat.co.id-Handphone merupakan salah satu barang elektronik penting yang hampir dimiliki oleh semua orang. Ponsel ini kerap dibawa kemanapun pemilik nya pergi terlebih bagi mereka yang memiliki kegiatan sosial khusus melalui ponsel ini.

Namun terkadang sebaik baiknya kita menjaga barang penting ini pasti saja kalian pernah mengalami insiden yang tak terduga dan tak dapat kamu hindari yang terjadi pada ponsel pribadi.

Pasti sebagian dari kalian pernah mengalami kejadian seperti HP kemasukan air ? Pasti pernah yha ! Tentu saja hal ini membuat panik pemiliknya.

Kepanikan itu sendiri muncul mungkin karena dalam Hp terdapat data-data penting dan lain sebagainya. Untuk kalian yang telah singgah pada artikel ini berarti sangat pas. Karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi Hp yang kemasukan air yang dapat dilakukan dengan mudah oleh sendiri. Berikut ini cara yang bisa kalian lakukan apabila HP mengalami kemasukan air.

mengatasi hp kemasukan air

Cara Mengatasi Handphone yang Kemasukan Air

Kalian tidak perlu khawatir apabila mengalami hari-hari apes seperti hp yang kemasukan air seperti karena nyemplung dikamar mandi atau lainnya, sehingga mengakibatkan speaker atau hp menjadi mati. Tapi anda tidak perlu khawatir karena anda  tinggal lakukan beberapa hal berikut:

1. Manfaatkan Kain yang Menyerap Air

Cara yang pertama, yang bisa kalian lakukan dengan mudah apabila HP kalian kemasukan air yaitu gunakan kain yang bisa menyerap air dan tempelkan pada bagian yang basah.

Ingat, kalian hanya cukup menempelkan saja jangan sampai menggosoknya. Karena menggosok hanya dapat membuat air membasahi bagian HP seluruhnya.

2. Cepat Matikan Smartphone

Apabila Hp kalian kemasukan air maka secepat mungkin kalian harus menonaktifkan dan lepaskan baterai hp, card, SIM, dan lain sebagainya yang terpasang.

Jika Hp mengalami kemasukan air atau keadaan basah otomatis server dan komponen yang ada akan mengalami masalah konslet dan bahkan sampai bisa terbakar. Oleh karena itu dengan mengambil langkah ini kalian bisa meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan.

3. Buka Casing Ponsel

Cara ketiga yang dapat kalian lakukan setelah mematikan HP, kalian juga bisa mencoba membuka casing agar ada aliran udara yang bisa masuk.

Goyangkan secara perlahan smartphone kalian agar air yang ada didalamnya bisa keluar. Dan ingat jangan sampai menggoyangkan terlalu keras karena ini bisa menyebabkan air tersebar kemana-mana.

4. Sedot Air Dengan Vaccum Cleaner

Bagi kalian yang memiliki alat Vaccum Cleaner lebih baik gunakan alat ini dari pada kalian harus meniup dan menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Karena ini akan membuat rusak komponen HP didalamnya.

Jika ingin di sedot menggunakan Vaccum Cleaner kalian harus memastikan terlebih dahulu bahwa dalam HP tidak ada SIM, Card dan lain sebagainya yang masih terpasang.

5. Rendam HP pada Beras

Cara ini yang paling banyak digunakan oleh orang-orang dan dipercaya ampuh dalam mengatasi masalah HP kemasukan air.

Caranya kalian bisa kubur Hp pada beras dan lakukan proses membolak balikan HP secara berkala, dan lakukan peredaman hingga 2-3 hari.

6. Tidak Boleh Dijemur Pada Sinar Matahari Langsung

Ternyata HP yang kemasukan air tidak boleh dijemur langsung terkena sinar matahari, karena ini bisa menyebabkan kerusakan komponen didalamnya. Jadi kalian bisa lakukan cara yang menurutmu tidak akan merugikan diri sendiri.

7. Menggunakan Silica Gel

Bukan hanya di pendam pada beras saja, ternyata mengeringkan HP juga bisa dengan Silica Gel dan ini dapat dipastikan tidak membuat pengembunan pada HP. Caranya sangat mudah kalian bisa meletakan HP pada tumpukan Silica Gel dan diamkan selama 2-3 hari.

8. Cek Hp Setelah Beberapa Hari

Apabila dengan menggunakan cara diatas bisa membuat hp menyela lagi. Kalian bisa cek semua yang ada di dalamnya. Jika menurut kalian merasa ada yang aneh misalnya lag dan lain sebagianya maka kalian bisa mengikuti langkah terakhir dibawah ini.

9. Perbaiki ke Tukang Servis HP

Cara terakhir ini mungkin jadi solusi apabila hp kalian mengalami error setelah kemasukan air. Namun cara ini tidak bisa kalian lakukan sendiri dirumah jadi kalian harus membawanya ke tukang servis Hp langganan kalian. Agar bisa dilihat kerusakan apa yang terjadi setelah kemasukan air.

Baca juga: Cara Menggunakan Zoom Meeting di Android, iPhone dan Laptop

Akhir Kata

Nah, setelah melihat postingan ini tentu kalian tidak akan merasa cemas lagi bukan bagaimana cara untuk menghadapi jika terjadi pada HP yang kemasukan air. Demikian tadi informasi mengenai Cara mengatasi HP yang kemasukan air semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment